Minggu, 18 Januari 2009

Aktifitas Pergerakan Bayi Dalam Kandungan

Aktifitas Pergerakan Bayi Dalam Kandungan. Kapankah seorang wanita hamil akan merasakan gerakan bayinya untuk pertama kali? Apakah itu menghitung gerakan bayi dalam kandungan (KICK CHART), apa gunanya? Dan apakah gerakan bayi anda Normal?
Kapankah ibu hamil merasakan gerakan bayinya?

Untuk kehamilan pertama kali, seorang ibu hamil kemungkinan baru akan dapat merasakan gerakan bayinya sekitar kehamilan 18-20 minggu. Untuk kehamilan yang ke dua atau lebih, maka gerakan bayi pertama kali dapat dirasakan lebih awal, sekitar kehamilan 15-18 minggu.

Ibu hamil biasanya akan mulai merasakah gerakan bayi dalam kandungannya dengan lebih jelas setelah trimester ke dua kehamilannya dimana tendangan akan semakin jelas ,kuat dan teratur.

Jangan berfikir bayi akan selalu terus bergerak, bayipun seperti kita mereka perlu mengambil waktu beberapa jam untuk berisitrahat, dan tidur. Sebelum beraktivitas kembali. Oleh karenanya sebagai seorang ibu hamil, anda akan segera dapat mempelajari dan akan mengenali pattern atau pola tidur- bangun dari bayi dalam kandunganya.

Mengapa gerakan bayi saya berbeda dengan pengalaman teman lain?

Bila ibu mencoba membandingkan tendangan yang dirasakan dengan ibu hamil lainnya, ingat untuk jangan kuatir, jika anda mempunyai pengalaman yang berbeda dengan teman anda yang lainnya.

Sebab setiap bayi mempunyai bentuk aktivitasnya masing-masing, dan tidak ada satupun nilai jumlah yang tepat atau yang paling benar.

Yang terpenting anda ketahui yaitu selama kebiasaan tingkat aktivitas bayi dalam kandungan anda tidak berubah menurun terlalu banyak, maka bayi anda dalam keadaan baik.

Apakah Pergerakan Bayi Dalam Kandungan Akan Mulai Berkurang saat kehamilan membesar?

Mulai dari kehamilan 36-40 minggu, bayi anda akan semakin membesar dan mengisi hampir seluruh ruang rahim, biasanya gerakan berputarnya mulai berkurang, gerakan yang akan anda rasakan saat ini lebih tendangan atau tinju dari lengan atau kakinya. bahkan mungkin tendangan di arah bawah tulang rusuk. :-). ( Tergantung dari posisi bayi)

Biasanya 2 minggu akhir dari kehamilan, gerakan dari bayi akan menurun. Jangan menjadi kuatir yang terpenting anda lakukan adalah menilai gerakan bayi anda. Di USA hal ini menjadi hal rutin yang dianjurkan dokter setelah kehamilan 28 minggu, bahwa seorang ibu hamil sebaiknya menilai gerakan (tendangan) bayi (Kick Chart).

Berapa banyak tendangan yang sebaiknya dirasakan perhari?

Ketika anda dalam kesibukan anda mungkin akan kurang menyadari gerakan yang di buat oleh bayi anda. Anda akan lebih merasakan gerakan bayi anda ketika anda duduk dan santai/rileks.

Ingat setiap bayi mempunyai aktivitasnya bangun – tidur masing-masing, yang terpenting mengenali pola pergerakan bayi anda.

Dianjurkan :

Saat seorang ibu hamil sudah dapat merasakan gerakan janinnya secara teratur, dan biasanya seorang ibu hamil akan sudah mengetahui atau menyadari kapan biasanya bayi anda cenderung lebih aktif bergerak.

Ambilan waktu (sebaiknya mengambil waktu yang sama setiap hari) untuk menghitung gerakan bayi anda, pada saat bayi cenderung beraktivitas lebih aktif, ambilan posisi yang santai duduk atau tiduran sambil mendengarkan musik dan mulailah untuk menghitung gerakan bayi anda. Dan bila dalam 2 jam anda tak merasakan 10 gerakan, konsultasilah dengan dokter anda.

© Dr. Suririnah- www.infoibu.com

0 komentar:

Posting Komentar