Kamis, 25 Desember 2008

Tip Trimester Tiga

Biarpun Anda bakal sering merasa tak nyaman, tapi masa ini juga bisa mendatangkan kesenangan, lho.

Siap-siap saja. Di trimester ketiga ini bisa jadi Anda kembali merasakan hal-hal yang mengganggu kenyamanan. Jangan terlalu dipikirkan, lebih baik Anda ingat tak lama lagi buah hati Anda akan hadir. Banyak wanita hamil bersemangat dan sangat bahagia melakukan persiapan datangnya si kecil.

Atasi rasa tak nyaman
Perut Anda semakin ‘mancung’ dan berat. Ini jelas mengganggu keseimbangan Anda. Seringkali tanpa sadar Anda menyondongkan tubuh ke belakang dan menekuk pinggang. Akibatnya, Anda akan sering merasa pegal di belakang pinggang. Ini tip mengatasinya.
Jaga sikap tubuh agar tubuh bagian atas tidak menekuk ke belakang.
Lakukan squatting position, yaitu sikap selalu tegak, baik saat berdiri maupun jongkok, atau saat mengambil barang yang letaknya lebih rendah dari badan.
Bagi beban sama rata di kedua sisi tubuh saat membawa barang.
Pakai penyangga perut khusus ibu hamil, sehingga Anda tidak merasakan tekanan perut yang mendorong Anda menekuk tubuh ke belakang.
Usahakan posisi kepala lebih tinggi dari dada, saat Anda berbaring. Posisi ini melegakan dan meringankan rasa tak nyaman saat perut menekan ke atas.
Lakukan olah tubuh ringan agar peredaran darah tetap lancar.
Jangan abaikan istirahat, mengingat di masa ini Anda kembali akan merasa cepat lelah.
Siap-siap melahirkan
Kini saatnya Anda melakukan persiapan menghadapi proses persalinan. Berikut tip praktisnya.
Ikut dalam kelas senam hamil dan persiapan persalinan yang biasanya ada di rumah sakit bersalin. Atau, lakukan olah tubuh ringan seperti yoga, sekaligus pelajari ‘ilmu’ relaksasi yang akan sangat membantu melancarkan proses persalinan.
Siapkan diri dan lingkungan kalau-kalau karena kondisi tertentu, Anda harus segera melahirkan si kecil. Setelah memasuki usia 7 bulan, meski belum ‘bulannya’, bayi sudah bisa dilahirkan.
Cek dan ricek rumah bersalin tempat Anda mendaftarkan diri untuk melahirkan. Pastikan adanya dokter dan kamar pada saat melahirkan nanti.
Siapkan keperluan Anda selama di rumah bersalin, mulai dari baju dengan bukaan depan, hingga keperluan mandi serta buku bacaan favorit Anda. Masukkan benda-benda tersebut dalam satu tas yang siap angkat. Jadi setiap saat diperlukan, Anda tidak lagi bingung menyiapkannya.
Siapkan keperluan bayi untuk saat pulang dari rumah bersalin kelak, seperti popok, baju, hingga selimutnya.
Bila ingin memakai tenaga pengasuh bayi, sebaiknya sudah disiapkan sejak sekarang.
Bagi Anda wanita bekerja, siapkan juga pekerjaan-pekerjaan Anda, termasuk siapa yang akan didelegasikan untuk tugas-tugas Anda saat cuti melahirkan nanti.
Sebaiknya Anda mulai menyiapkan nama si buah hati yang akan segera lahir. Kasihan ‘ kan , kalau sampai beberapa hari setelah lahir ia belum punya nama.


Nia L. Tobing
Konsultasi ilmiah: dr. J.M Seno Adjie, SpOG(K), POGI Jaya, Bagian Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta .

1 komentar:

yani mengatakan...

Assalamualaikum.........,
saya Yani dari Jogja,saya mau menanyakan bagaimana atau apa yang harus dilakukan oleh seorang ibu hamil pada trimester ke3 agar pada saat proses persalinan menjadi lancar atau mengurangi resiko yang tidak diinginkan?
Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi pada trimester ke 3 ini,
sebelumnya terima kasih,Wassalamualaikum.........

Poskan Komentar